Kamis, 20 November 2014

BERTANAM PISANG



Hasil gambar untuk bertanam pisangTanaman pisang terdapat di daerah tropis, dengan ketinggian hingga 2.000 meter dan rata-rata tahan terhadap kekeringan karena batangnya banyak mengandung air. Tanah yang baik untuk menanam tanaman pisang harus tanahnya cerul, banyak mengandung humus, tanah harus agak dalam sehingga air hujan dapat mudah meresap ke bawah, tanah harus subur, tidak boleh tanah yang erosi, air hujan tidak boleh menggenangi tanah, membutuhkan zat mineral kalium dan fosfat.

Tanaman pisang dibiakkan dengan cara vegetatif yaitu dengan tunas-tunas baru. Bibit yang digunakan yang berbentuk tombak yang baru berdaun seperti bentuk pedang dengan tinggi antara 75-150 cm.
Pengolahan tanah dengan membasmi rerumputan maupun semak, membuat sengkedan, membuat saluran air. Jarak tanam yang baik 3x3 m di tanah yang gembur, 3,3-3,5 m di tanah yang agak berat ataupun 2x2 m dengan lubang tanaman  30-40x30-40x30-40 cm. pemupukan tanaman pisang dapat dengan pupuk kandang, kompos, unsur NPK, ataupun urea.
Hama dan penyakit tanaman pisang
  1. Ulat daun, yang  menggulung daun pisang (erienota thrax) bila sudah agak besar mereka pindah tempat dan mulai membuat selubung baru yang lebih besar dari semula. Daun yang dirusak tampak penuh dengan selubung dan sobek-sobek. Membasmi hana ini dengan malathion, derris, tamaron BHC serta di pungut satu per satu.
  2. Uret dari jenis kumbang yang merusak akar, umbi batang hingga batang pisang (Cosmopolites sordidus/lege) daerah yang diserang adalah tanah yang cerul, terutama di pegunungan. Mula-mula telur ditempatkan di dekat kaki kelopak daun yang sedang membusuk, uret yang baru keluar segera membuat lorong-lorong ke atas dan ke bawah dalam kelopak daun yang sehat dengan demikian seluruh batang pisang penuh dengan lorong-lorong yang akhirnya tanaman roboh dengan perlahan-lahan. Musuh uret adalah kumbang dan bisa dibasmi dengan insektisida aldrin, dildrin BHC ataupun dengan membersihkan dapuran pisang dari sisa-sisa batang pisang yang telah dipotong dan pakailah bibit pisang yang telah dicucihamakan terlebih dahulu.
  3. Hama Nematoda adalah sejenis cacing yang berukuran sangat pendek, dimana nematoda yang sudah dewasa tidak lebih dari 0,7 mm. Nematoda merusak akar dengan membentuk rongga-rongga di dalam akar dan ada yang membentuk bintik-bintik kecil maupun bengkak pada akar. Kerusakan dari nematoda ini dilanjutkan dengan serangan dari bakteri maupun jamur. Pembasmian dengan meningkatkan kadar hmus dalam tanah untuk meningkatkan cacing hujan (kalung) yang dapat menghambat pembiakan nematoda.
  4. Walang kayu yang dapat merusak daun, bunga maupun buah pisang.
  5. Ulat Nacoleia octasema, ulat berwarna merah dengan kepala hitam bertameng pada pundaknya memakan bunga dan buah yang masih muda akibatnya pertumbuhan buah tidak normal dan kulitnya tampak seperti berkudis setiap tandan paling sedikit 70 ekor pembasminya digunakan BHC Dildrin, derris dan obat insektisida lainnya.
  6. Penyakit kekurangan zat N (Nitrogen). tanda kekurangan zat N daun tampak kekuningan dimulai dengan menguningnya tulang daun, pinggir daun lambat laun mengering tapi tidak meluas kingga ke tengahnya walaupun selururh daun sudah hampir menguning namun bagian dekat dengan tulang daun agak hijau. Sering dilihat di tanah tegalan yang kurang subur pemupukan dengan urea maupun dengan meningkatkan kadar humus di dalam tanah dapat menyembuhkan penyakit ini.
  7. Kekurangan zat P (Fosfat), tandanya mula-mula daun tampak hijau lambat laun dari pinggir warna daunnya berubah menjadi perunggu dan terus melebar ke bagian dalam bila terus berlanjut warna perunggu berubah menjadi kehitaman yang dimulai dari pinggir daun pemupukan dengan fosfat, superfosfat dan DS.
  8. Kekurangan zat K (kalium), menyebabkan tanaman pisang tidak tahan terhadap kekeringan seluruh daunnya hampir menguning dimulai dari pucuk daun tulang daun ikut menguning lambat laun pinggir daun mengering dan sobek-sobek dan pinggiran sobekan pun mengering tapi pada bagian bawah daun masih agak hijau tampak jelas pada musim kemarau.

Pemungutan buah pisang ditentukan oleh faktor umur buah pisang setelah berbunga dan bentuk buah pisang yaitu 80-110 hari setelah berbunga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya yang sopan dan beretika yaa....