Senin, 17 November 2014

Apa itu BANK SAMPAH ?


Bank Sampah adalah tempat untuk mengumpulkan berbagai macam sampah yang telah dipisah-pisahkan sesuai dengan jenisnya untuk disetorkan ke tempat pengolahan sampah atau yang lebih akrabnya disebut Bank Sampah, hasil setoran sampah akan ditabung dan dapat diambil atau dicairkan dalam jangka waktu tertentu dengan mengadopsi prinsip perbankan, jadi penyetor sampah akan mendapat buku tabungan.
Dalam hal ini Pemerintah Desa Bojongmengger selaku pelaksana dalam kegiatan ini akan memanfaatkan progam Bank Sampah ini yang diadakan oleh Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) kabupaten Ciamis untuk memanfaatkan sampah yang ada di sekitar Pasar Desa pada khususnya dan umumnya seluruh masyarakat di Desa Bojongmengger.
Bank Sampah merupakan salah satu alternatif mengajak warga untuk peduli dengan sampah dan permasalahannya. Bank sampah merupakan sebuah sistem pengelolaan sampah berbasis rumah tangga, dengan memberikan imbalan berupa uang tunai ataupun hadiah kepada warga yang memilah dan menyetorkan sejumlah sampah.
Sampah-sampah yang disetorkan ke bank sampah dibedakan beberapa jenis, seperti sampah organik seperti potongan sayuran, sisa masakan mapun non organik seperti plastik, besi dan lainnya. Dengan begitu sampah yang masih dapat di daur ulang seperti bahan organik dapat dimanfaatkan untuk kompos ataupun bio gas. Sedangkan bahan non organik didaur ulang menjadi berbagai perabotan seperti tas, sendal dan lainnya.
diharapkan dengan berdirinya Bank Sampah ini, kegelisahan dan kesulitan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dapat teratasi. karena sumber-sumber air seperti sungai Citanduy, Sungai Cileueur, Selokan-selokan selalu dijadikan tempat pembuangan sampah.
kami harapkan program ini dapat berjalan dengan baik dan didukung oleh masyarakat seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya yang sopan dan beretika yaa....